Problem Penguasaan Bahasa

Belakangan ini, ketika mengikuti pemberitaan tentang Kisruh UI, saya mendapati ketidaknyamanan dalam membaca beritanya di harian pagi Jawa Pos. Berita berjudul “Tuntut Percepatan Pemilihan Rektor UI”, yang terbit di halaman 16 Jawa Pos Sabtu 10 September misalnya. Ketidaknyamanan itu disebabkan editing yang lumayan “kacau” sehingga logika cerita sulit dimengerti.

Judul “Tuntut Percepatan Pemilihan rektor UI” disusul sub judul (atau bridge) “Pasca protes Guru Besar soal Gelar Doktor Raja Saudi” ….. tidak jelas Subyeknya. Siapa yang menuntut percepatan pemilihan rektor UI? (Bila dijawab “nanti kan ada di badan berita”, ini jawaban salah, karena judul mesti merefleksikan isi dan THE WHO (SIAPA) adalah faktor penting yang tak boleh hilang dari judul).

Alinea pertama dan kedua berintikan berita adanya rencana penggulingan. Kalimatnya misalnya “Para guru besar dan dosen UI mulai terang-terangan menyampaikan niat mengudeta sang rektor”. Lalu ada susunan nama penggagas, diantaranya Effendi Gazali. Namun alinea ketiga adalah kutipan langsung (direct speech) dari Effendi Gazali yang berkata “Hati kami sangat sejuk. Apa yang disampaikan dilatarbelakangi oleh suasana yang sejuk. Tidak mungkin kami melaksanakan (penggulingan, Red).”

Ada dua hal bertentangan. Alinea 1 dan 2 bunyinya ada rencana penggulingan yang disampaikan dengan terang-terangan dan ada nama Effendi Gazali. Ainea ketiga EG mengatakan tidak mungkin menggulingkan Rektor. Yang mana yang benar?

Sirikit Syah
12-09-2011

Perihal LKM Media Watch
Mass media are watchdogs. But who watch the media? Let's do it together. Watch this very powerful entity, for better journalism, better Indonesia, better world. http://www.sirikitsyah.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s