Profile

Lembaga Konsumen Media (MediaWatch!)

Berdiri: Lembaga Konsumen Media adalah ‘pecahan’ dari Yayasan Lembaga Konsumen Pers (organisasi media watch pertama di Indonesia). YLKP berdiri bulan Maret 1999. Karena ketidaksesuaian pandangan, sebagian anggota YLKP memisahkan diri lalu membentuk YLKM. Secara de facto YLKM sudah berjalan sejak awal tahun 2000, namun Akta Pendirian YLKM bertanggal 20 Januari 2001.

Status hukum: Yayasan (Yayasan Lembaga Konsumen Media), disahkan Akta Notaris Bambang Heru Djuwito, S.H. No 5, tanggal 20 Januari 2001.

Anggota Pendiri:

  1. Ketua: DR. H. M. Zaidun, SH, M.Si. Tokoh penegak hukum dan HAM di Jawa Timur, pendiri LBH Surabaya, anggota Dewan Penyantun YLBHI, anggota Dewan Pakar Propinsi Jawa Timur, berprofesi sebagai konsultan hukum, sekarang Dekan Fakultas Hukum Universitas Airlangga.
  2. Wakil Ketua: Sirikit Syah, MA, mantan wartawan, penulis, dosen beberapa perguruan tinggi di bidang ilmu jurnalistik, anggota anggota Akademi Surabaya, anggota luar biasa Pusham Ubaya.
  3. Anggota: Drs. Henry Subiakto, SH, MA, dosen ilmu komunikasi Universitas Airlangga, staf ahli Menteri Kominfo, Komisaris LKBN Antara. Menjabat Direktur, namun sedang dalam proses pergantian.
  4. Sekretaris/Anggota: Suprihatin, S.Pd: sarjana pendidikan bahasa Indonesia (lulus dengan cum laude), mengawali karirnya di pemantauan media sejak mahasiswa, sekarang Ka Prodi Jurnalistik di Stikosa-AWS, di LKM sebagai direktur pelaksana, juga dalam proses pergantian.
  5. Bendahara/Anggota: Chairul Anam, pensiunan pegawai swasta, bergabung dengan YLKM sebagai pengelola kantor karena sebagian wilayah rumahnya digunakan sebagai kantor), juga berperan sebagai penggalang dana dan pengelola SDM.

Anggota Kehormatan:

  1. Tjuk Suwarsono, senior journalist turns PR consultant
  2. Errol Jonathans, Direktur Operasional Radio Suara Surabaya, pelatih nasional PRSSNI

Pelaksana Harian:

Para periset dan awak redaksional adalah para pemagang dan sukarelawan. Pemagang umumnya berasal dari berbagai perguruan tinggi di Jatim, dengan masa magang 3 bulan. Sebagian kemudian memperpanjang masa magang karena keinginan sendiri, kemudian menjadi sukarelawan/aktivis media watch. Mereka berasal dari jurusan ilmu komunikasi, hukum, dan bahasa Indonesia.

Dalam satu kurun waktu biasanya terdapat 3-6 pemagang/sukarelawan. Mereka bekerja di bawah supervisi anggota YLKM dan direktur pelaksana.

LKM bergerak di bidang:

  1. Pemantauan media (riset, analisis)
  2. Penerbitan jurnal Media Watch secara bulanan
  3. Siaran radio interaktif tentang media massa secara mingguan
  4. Pendidikan dan pelatihan; workshop/diskusi/seminar, di bidang media jurnalisme dan media massa, khususnya kode etik dan hukum.
  5. Penghargaan pada media yang berprestasi.

Catatan Pendanaan:

  1. OTI/USAID: Agustus 1999-Januari 2000, Juni 2000-November 2000
  2. CSSP/USAID: Februari 2002-Januari 2003
  3. PT Semen Gresik: tahun 2004
  4. Pemerintah AS melalui Kedutaan Besar di Jakarta: tahun 2005
  5. Donatur dari kalangan perusahaan pers dan masyarakat
  6. Langganan Jurnal Media Watch
  7. Iklan di Jurnal Media Watch
  8. Sumbangan para anggota dan sukarelawan/aktivis (biasanya sebagian honornya)
  9. Sponsor (dalam hal pelatihan, seminar, dll).

Kekuatan Organisasi:

  1. SDM yang kompeten di bidangnya dan terbukti memiliki integritas serta komitmen dalam menyelenggarakan kegiatan media watch dan pendidikan publik di bidang media   massa.
  2. Sarana: Memiliki perangkat kantor yang cukup memadai; perpustakaan mini, komputer, mesin fax, mesin fotocopy, printer, scanner, meja kerja, meja rapat, dll.
  3. Jaringan Kerja: Institusi media, organisasi wartawan, jurusan ilmu komunikasi/jurnalistik di perguruan tinggi, Dewan Pers, DIKD, dan beberapa organisasi media watch di kota lain di Indonesia.

Kami memiliki siaran radio interaktif seminggu sekali selama 1 jam di sebuah radio swasta terkemuka di Surabaya (Radio Suara Surabaya), yang sangat tepat sebagai wahana dialog antara media dan konsumennya.

Surabaya, 2008

One Response to Profile

  1. efendy naibaho mengatakan:

    mohon agar ikut sebagai salah seorang pekerjanya untuk daerah sumatera utara, domisili deli serdang – medan, hp 0819 600 0819

    tks – efendy naibaho

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s